ilyas walidi

Minggu, 09 Januari 2011

Contoh proposal bantuan dana membangun mushola

KOP SURAT


Alamat secretariat : Desa Bonosari RT 03 03 Kec Sempor Kab Kebumen


Nomor : 035./PPM/VII/2010
Lampiran : …….Bendel
Hal : PERMOHONAN BANTUAN DANA PEMBANGUNAN
MUSHOLA ROUDLOTUS SHOLIHIN

Kepada Yth:
Dirjen bimas Islam
Departemen Agama RI
Di-
Jakarta

Assalamu’alaikum Wr .Wb.


Salam silaturrahmi kami haturkan, semoga kita semua senantiasa mendapat Hidayah dan lindungan dari Alloh SWT. Amin

Dalam rangka suatu upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allsh SWT bagi umat islam umumnya Dusun Masaran.Desa Bonosari kecamatan sempor kabupaten kebumen pada khususnya.Panitia pelaksana pembangunan Mushola RoudlotusSolihin berukuran 17 M X 13 M berlokasi di RT 03 /03 dusun masaran desa bonosari kecamatan sempor kabupaten kebumen dia tas tanah wakaf seluas 96 m2.Hal hal yang mendorong panitia mengajukan permohonan ini adalah :
Sebidang tanah sebagia lokasi Mushola tersebut merupakan hasil swadaya murni gtong royong masyarakat yang di waqafkan oleh salah satu warga.
Calon lokasi Mushola tersebut cukup strategis karena beraada di tengah tengah lingkungan pemukiman sehingga mudah dijangkau dari semua penjuru.

Rencana Anggran Biaya sebesar Rp 100.680.000
Swadaya gotong royong Rp 35.000.000
Kekurangan dana sebesar Rp 65.680.000


Sehubungan kemapuan umat islam RT 03/03 Dusun Masaran Desa Bonosari Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen benar-benar sangat terbatas, maka kami sangat mengharap dengan hormat dirjen Bimas Islam Departemen Agama Republik Indonesia di Jakarta berkenan memberikan bantuan dana / material untuk dapat terselesainya pembangunan Mushola yang sangat kami dambakan tersebut.

Atas bantuan dan kerjasama kami haturkan Jazakumollohu ahsanal jazaa jaza'an katsiro.
Semoga menjadi amal jariah yang tidak utus pahaanya d duna akherat dan semoga Alloah SWT melimpahkan rizki yang berlmpah, halalan tioyiban, Amin.

Sebagai bahan pertimbangan kami lampirkan surat-surat sebagai berikut :

1)Susunan Panitia
2)Foto Areal Mushola
3)Rencana Anggaran belanja (RAB)
4)Gambar rencana bentuk Bangunan Asrama



Demikiana surat permohonan ini kami sampaikan, kemudian atas bantuan dan kebijaksanaanya kami sampaikan banyak terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr .Wb.




Ketua Sekretaris




ACHMAD NASRUDDIN ABU THOLIB

Mengetahui

Kepala Desa Bonosari Kepala KUA Kecamatan Sempor



SUGENG SUYANTO H. TULUS S.Pd.I




Camat Sempor



SUPOYO S.Sos











Tembusan dikirim kepada Yth :

1.Kepala Bagian Kesra Kabuaten Kebumen
2.Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kebumen
3.Camat Sempor
4.Arsip
























Alamat secretariat : Desa Bonosari RT 03 03 Kec Sempor Kab Kebumen



Nomor : /PPM/ /
Lampiran :1 (satu) bendel
Perihal :Permohonan Bantuan
Pembangunan Mushola

Kepada Yth.
Dirjen bimas Islam
Departemen Agama RI
Di Jakarta

Assalamu'alaikum Wr.wb

Dalam rangka upaya untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Bagi umat islam dusun Masaran pada khususnya dan Desa Bonosari Kecamatan Sempor pasa umumnya, panitia pelaksana pembangunan Mushola di Dusun Masaran DesaBonosar Kecamatan Sempor Kebupaten Kebumen merencanakan pembangunan Mushola sebuah ushola berukuran 17 X 13 M berlokasi di RT 03/03 dusun Masaran Desa Bonosari Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen berada diatas tanah 96 M2.
Hal hal yang mendorong panitia mengajukan permohonan ini adalah :

1.Sebidang tanah sebagia lokasi Mushola tersebut merupakan tanah yang di waqafkan oleh salah satu warga dengan niat untuk dibangun sebuah Mushola.
2.Kemampuan terutama dana terbatas
3.Calon lokasi Mushola tersebut cukup strategis karena berada di tengah tengah lingkungan pemukiman sehingga mudah dijangkau dari semua penjuru.
4.Rencana anggaran biaya (RAB) Rp 100.680.000
Swadaya gotng Royong Rp 35.000.000
Kekurangan dana sekitar Rp 65.680.000



Karena kemampuan dana yang terbatas, maka kami sangat mengharap dengan hormat dirjen Bimas Islam Departemen Agama Republik Indonesia di Jakarta berkenan memberikan bantuan dana demi terselesainya pembangunan yang kami hadapi dengan ini pula kami sertakan pula lampiran :


1)Susunan Panitia
2)Fot Areal Mushola
3)Rencana Anggaran belanja (RAB)
4)Gambar rencana bentuk Bangunan Asrama



Demikiana surat permohonan ini kami sampaikan, kemudian atas bantuan dan kebijaksanaanya kami sampaikan banyak terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr .Wb.










Ketua Sekretaris




ACHMAD NASRUDDIN ABU THOLIB

Mengetahui

Kepala Desa Bonosari Kepala KUA Kecamatan Sempor



SUGENG SUYANTO H. TULUS S.Pd.I




Camat Sempor



SUPOYO S.Sos


























Tembusan dikirim kepada Yth :

5.Kepala Bagian Kesra Kabuaten Kebumen
6.Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kebumen
7.Camat Sempor
8.Arsip







Alamat secretariat : Desa Bonosari RT 03 03 Kec Sempor Kab Kebumen


PROPOSAL
PEMBANGUNA MUSHOLA RODLOTUS SHOLIHIN
DUSUN MASARAN DESA BONOSARI KECAMATAN SEMPOR
KABUPATEN KEBUMEN

1.Pendahuluan

Manusia diciptakan Alloh SWT agar menjadi umat yang taat dan ber-amal ibadah kepada-Nya. Salah satu cara untuk taat dan terus menerus menyembah Alloh SWT tanpa kesyirikan adalah melakukan ibadah secara ikhlas. Ibadah dapat menjadi tolok ukur dan penilaian kualitas seseorang untuk mendapat predikat muslim. Sesuai dengan janji Alloh SWT bahwa setiap muslim yang taat dan selalu beribadah akan ditempatkan dalam surga di akherat kelak.

Untuk menjalankan amalan ibadah tidak dapat dilepaskan dari kebutuhan sarananya berupa pembangunan masjid atau mushola. Mushola merupakan sarana ibadah yang cukup efektif karena ditempat suci inilah umat Islam dapat menjalankan ibadah secara berjamaah. Mushola juga berfungsi sebagai sarana untuk mempererat ukuwah islamiyah dan menjadi sarana pergaulan sosial antar umat muslim. Mengingat pentingnya fungsi mushola, maka pembangunan dan keberadaannya sangat dibutuhkan bagi setiap warga muslim. Adanya sarana ibadah dapat menjadi tanda bahwa kehidupan beragama di pemukiman tertentu akan sehat dan berdenyut.

Keberadaan mushola sangat dinantikan oleh ratusan keluarga muslim di Dusun Masaran.Desa Bonosari kecamatan sempor kabupaten kebumen . Dalam jangka pendek, pembangunan mushola diharapkan dapat menjadi sarana bersama bagi seluruh warga muslim untuk melakukan ibadah terutama sholat secara berjamaah. Dalam jangka menengah, keberadaannya dapat menjadi sarana untuk menjalankan ibadah-ibadah yang lain, misalnya untuk pengajian keluarga muslim dan pengembangan Taman Pendidikan Al-Qur’an. Dalam jangka panjang, keberadaan masjid diharapkan dapat menjadi sarana yang efektif dalam menjaga keharmonisan kehidupan beragama antar warga muslim di Dusun Masaran dan sekitarnya.

Mengingat bangunan mushola belum berdiri maka warga muslim di Dusun Masaran secara ikhlas bertekad bulat untuk ber-amal untuk pembangunan sarana ibadah tersebut. Mushola direncanakan akan didirikan di atas tanah / lahan waqafyang disediakan oleh Yasa Sandum yang berfungsi sebagai fasilitas umum dan sosial. Warga muslim berharap agar sarana tersebut dapat berdiri dengan harapan agar ibadah dapat dilakukan bersama-sama. Konsekuensi dari harapan tersebut harus didukung oleh kemampuan finansial agar bangunan mushola dapat terwujud dengan lancar.

Semoga niat luhur dan mulia dari warga muslim ber-amal untuk pembangunan mushola dapat bernilai ibadah. Keinginan ini sekaligus untuk menciptakan suasana kehidupan beragama islam yang harmonis khususnya diDusun Masaran dan sekitarnya.



2.Tujuan


Sebagai tempat untuk melakukan ibadah terutama sholat berjamaah secara rutin agar kualitas sholat dapat terjaga dan meningkat.

Sarana untuk pencerahan dan pendidikan Agama Islam secara nonformal, misalnya pengajian keluarga muslim, dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) bagi generasi muslim Dusun Masaran dan sekitarnya.





3.Sasaran

Seluruh warga muslim di Dusun Masaran dan sekitarnya. dan sekitarnya.
Generasi anak Islam dan generasi muda Islam Dusun Masaran dan sekitarnya. dan sekitarnya.



4.Nama Mushola dan lokasi


Sesuai dengan hasil musyawarah warga muslim di Dusun Masaran dan sekitarnya. maka mushola yang akan didirikan diberi nama Mushola Mushola RoudlotusSolihin . Nama tersebut bertujuan agar mushola tersebut menjadi taman bagi orang-orang yang sholih. Mushola dibangun dengan ukuran 17 X 13 M2 di lahan waqaf atas nama Bapak Yasa Sandum diRt 03/03 dusun masaran desa bonosari di atas sebidang tanah seluas 588 m2 yang tel;ah di wakafkan.Dusun Masaran.Desa Bonosari kecamatan sempor kabupaten kebumen.


5.Panitia Pembangunan Mushola

Terlampir.


6.Waktu Pelaksanaan Pembangunan Mushala


Pembangunan Mushola sudah di awali dengan peambuatan Fondasi permanent pada bulan …...........
////////

7.Dana Pembangunan


Rencana Anggran Biaya sebesar Rp 100.680.000
Swadaya gotong royong Rp 35.000.000
Kekurangan dana sebesar Rp 65.680.000



























Alamat secretariat : Desa Bonosari RT 03 03 Kec Sempor Kab Kebumen



SUSUNAN PANITIA
PEMBANGUNAN MUSHOLA
“ RODLOTUS SHOLIHIN ”

PELINDUNG : KEPALA DESA BONOSARI

PENASEHAT : SUGIMAN
: GIMIN
: MULYAREJA

KETUA : ACHMAD NASRUDIN
: MUHAMMAD FADHOL
: DULAH RUSTAM

SEKRETARIS : ABU THOLIB
: NUR AHMAD SHOLIHIN

BENDAHARA : MUJIMAN
: MIARSO

SEKSI UASAHA : DARSONO
: MANDIKARTO
: MARSANOM
: MISLAM
: MULYADI
: MUJIONO
: MARSUDI

HUMAS : MISNO
: TUKIMAN

LOGISTIK : JUMALI
: MUIS
: MUHADI

PENGARAHAN TENAGA : PARJIWINOTO
:GINO

TEKNIS : JAMAN
: BUDI RAHARJO

KONSUMSI : SAINAH
: DURAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar...